Selamat Datang

Rabu, 18 Januari 2012

Prangko Tema Imlek

Rabu, 18 Januari 2012


Baru membaca koran dari sana saya tahu ada prangko bertema hari imlek yang diterbitkan di Januari 2012 ini.

PT Pos Indonesia menerbitkan prangko bertema shio. Sesuai dengan shio tahun baru china 2012 yaitu tahun Naga. Tahun 2012 merupakan tahun dengan shio Naga Air. Prangko yang diterbitkan PT Pos Indonesia ini pun bergambar Naga.

prangko shio naga
Direktur Utama PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana di Jakarta, mengatakan BUMN layanan pos yang dipimpinnya itu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak di antaranya Lembaga Kerja Sama Ekonomi, Sosial, Budaya Indonesia-China (LIC) serta Grand Indonesia dalam peluncuran seri perangko shio naga.

Peluncuran seri terbaru perangko bertema Shio Naga Air ini di Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (17/1). Tema ini rutin diterbitkan sejak 2007.

Prangko tema shio 2012
Direktur Utama PT Pos Indonesia, I Ketut Mardjana, mengungkapkan, salah satu fungsi prangko adalah sebagai perekam peristiwa dan sebagai media perekat antar bangsa. Prangko dengan tema shio merupakan perwujudan pembauran budaya antar bangsa dan warga Negara, antara budaya Indonesia dan budaya Tionghoa.

"Suatu kebanggaan bagi kami untuk turut berpartisipasi meramaikan Tahun Baru China dengan mengeluarkan prangko seri Naga Air ini. Sejak beberapa tahun terakhir kami telah rutin mengeluarkan prangko seri shio sesuai dengan tahun berjalan sebagai apresiasi terhadap keragaman budaya Indonesia,” kata I Ketut Mardjana dalam sambutannya.

Juga ditambahkan oleh I Ketut, Naga Air disebut-sebut memiliki keseimbangan logika dan kreativitas yang akan mendorong kemampuan untuk melayani, sadar lingkungan, dan menyisihkan ego demi kebaikan sesama.

Perangko seri Naga ini dikeluarkan sebanyak tiga jenis yakni, perangko Naga dan Burung Hong dengan latar belakang Kelenteng Hok Ceng, Pulau Kemaro, Palembang, Sumatra Selatan; perangko Sepasang Naga dan Kylin dengan latar belakang Kelenteng Tri Dharma Raya, Singkawang, Barat; dan terakhir Naga dan Burung Hong dengan latar belakang Pagoda Watu Gong, yang terletak di Semarang, Jawa Tengah.

http://filatelis-indonesia.blogspot.com/2012/01/prangko-tema-imlek.html

Sedangkan souvenir sheet nomor satu menampilkan desain sepasang naga dengan latar belakang Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang.

prangko tahun baru imlek china
Naga, khususnya Naga Air, disebut-sebut mempunyai keseimbangan logika dan kreativitas yang akan mendorong kemampuan untuk melayani, sadar lingkungan, dan menyisihkan ego demi kebaikan semua.

Selain peluncuran prangko seri Naga, dalam kesempatan yang sama PT Pos Indonesia juga memperkenalkan maskot filateli, yaitu sepasang anak laki-laki dan perempuan bernama Phila dan Tely. Seperti halnya setiap prangko mempunyai sejarah, arti gambar, tempat dibuat, tahun dan cerita lain, maskot ini juga memiliki latar belakang mengapa mengambil tema dua anak laki – laki dan perempuan sebagai Phila dan Tely

Dirangkum dari berbagai sumber oleh:
http://www.Filatelis-indonesia.blogspot.com | | bjm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar